Waspadai Lingkar Perut Anda

3

Mediamedis.com – “Tapi berat badan saya normal lho, dok”, itu kalimat yang sering terucap bila dokter memberi saran untuk mengecilkan lingkar perut kita.  Sering kali kita merasa cukup puas hanya dengan berat badan yang normal, tetapi penelitian terakhir menyatakan bahwa adanya tumpukan lemak di perut kita walaupun dengan berat badan yang normal tidak baik untuk kesehatan.

Bahkan menurut penelitian terbaru yang dipublikasi Annals of Internal Medicine bagi mereka yang memiliki tumpukan lemak di perut dengan berat badan yang normal, memiliki resiko kematian yang lebih tinggi dari mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas. Tumpukan lemak di perut berkaitan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes dan kolesterol yang tinggi.

Menurut Dr. Paul Poirier dari Institute of Cardiology at Laval University in Quebec Canada, lemak di perut jauh lebih buruk dari lemak di pinggul.

“Menurutnya, “jika lingkar perut anda lebih dari 40 inci untuk pria dan 34 inci untuk wanita, ini adalah obesitas (walaupun berat badan anda normal)”.

Menurut Dr. David Katz direktur dari Yale University Prevention Research Center Connecticut, dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh jenis penumpukan lemak/obesitas di bagian tengah badan (central obesity) adalah yang paling mengkhawatirkan. Dengan tipe penumpukan lemak di bagian tengah tubuh ini lemak akan juga menumpuk di daerah organ vital terutama hati.

Baca Juga:  Sayur dan Buah Untuk Jantung Sehat

Diharapkan dengan hasil penelitian terbaru ini kita tidak hanya memperhatikan berat badan saja tetapi juga memperhatikan penumpukan lemak berlebih, terutama di daerah perut.

(MM/EP)

WebMD, Medical News Today

 

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

3 Comments

    • dr. Emilio Pandika on

      Halo San (s_hannari@yahoo.com), lemak di perut memang masalah yang sangat menjengkelkan. Banyak orang yang mencoba menghilangkan lemak perut namun mengalami kesulitan, karena berfokus pada olah raga sekitar perut seperti sit-up saja. Yang perlu diingat adalah lemak perut akan berkurang bersamaan dengan hilangnya lemak di bagian tubuh lainnya. Dengan kata lain olah raga yang menggerakan seluruh tubuh akan lebih efektif. Bersamaan dengan itu diperlukan pula diet yang tepat dan istirahat yang cukup. Untuk lebih detailnya dapat dilihat di artikel berikut ini: https://mediamedis.com/slideshow-10-cara-alamiah-menurunkan-berat-badan/
      Selamat mencoba. MM/EP

Leave A Reply