UNESCO Akui Yoga Sebagai Warisan Dunia

0

Tahukah Anda? Yoga, sebuah latihan yang menyatukan disiplin pikiran-tubuh berdasar filsafat India kuno dan sudah dipraktikkan di seluruh dunia, telah bergabung dalam daftar UNESCO sebagai warisan dunia non benda.

Praktik Yoga dimasukkan ke daftar bergengsi tersebut sebagai pengakuan atas pengaruhnya terhadap masyarakat India, dalam sisi kesehatan, obat-obatan sampai ke pendidikan dan seni.

“Yoga dirancang untuk membantu individu membangun realisasi diri, meringankan penderitaan mereka dan memungkinkan untuk keadaan pembebasan. Yoga dipraktikkan oleh orang muda dan tua tanpa diskriminasi terhadap gender, kelas atau agama,” jelas UNESCO dalam pernyataan resminya, dikutip Guardian.

Olah tubuh Yoga disebut-sebut telah dipraktikkan sejak 5000 tahun lalu oleh masyarakat India kuno, namun kini telah diadaptasikan ke dalam berbagai bentuk baru.

Yoga adalah sarana relaksasi yang membiasakan pelakunya fokus pikiran dan pernapasan, membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Yoga didominasi peregangan otot-otot, yang membuat tubuh kita akan terasa lebih lentur dan tidak mudah merasa lelah setelah mempraktikannya selama waktu tertentu.

Berbagai penelitian membuktikan bahwa yoga dapat membantu mengurangi stres dan menjadikan mood lebih stabil. Bahkan Yoga dipercaya dapat mengurangi risiko akibat penyakit kronis, berkaitan dengan dengan turunnya frekuensi denyut jantung setelah melakukan yoga secara teratur, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Daftar warisan budaya non benda UNOESCO sendiri telah disusun sejak 10 tahun lalu, bertujuan meningkatkan kesadaran dunia terhadap keberadaan warisan-warisan tak ternilai tersebut.

Terkadang, UNESCO juga menawarkan dukungan keuangan atau teknis untuk negara-negara yang berjuang untuk melindungi mereka.

Baca Juga:  Tai Chi Sangat Baik Untuk Kesehatan Anda

UNESCO terus mengumpulkan daftar warisan dunia budaya dan alam, termasuk properti fisik, Kini, Yoga pun termasuk dalam daftar 814 situs budaya, 203 warisan alam, dan 35 warisan alam serta budaya.

(MM/AG)

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply