Ternyata Teh Hijau Juga Baik Untuk Mencegah Pikun

0

Mediamedis.com –¬†Kita pernah membahas bagaimana khasiat teh hijau untuk mencegah dan membantu mengobati karang gigi, dan bagaimana komponen katekin dalam teh hijau bisa menghambat pertumbuhan streptococcus mutans.

Ternyata tidak cuma itu kebaikan teh hijau yang akan membuat Anda makin jatuh cinta padanya.

Sebuah studi yang dirilis oleh International Conference on Alzheimer and Parkinson’s Disease menunjukkan bahwa teh hijau dapat berhubungan dengan penurunan resiko seseorang untuk menderita demensia, serta pencegahan atas penurunan kemampuan berpikir dan memori pada orang berusia lanjut.

Seperti ditulis situs muscleandfitness, studi ini meneliti kebiasaan para individu yang lebih tua dari 60 tahun dalam mengonsumsi teh dan kopi.

Tiap orang kemudian dikelompokkan berdasarkan berapa banyak teh hijau yang mereka konsumsi tiap hari: dari mulai tidak pernah, 1-6 hari seminggu, atau setiap hari.

Kesimpulannya, meminum teh hijau 1-6 hari per minggu atau setiap hari potensial mengurangi penurunan pada kesehatan mental.

Adapun mereka yang tidak meminumnya, memiliki skor lebih rendah pada kemampuan berpikir dan tes memori. Orang-orang yang jarang meminum teh hijau juga ditemukan kurang banyak berolahraga di mana menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan kognitif.

Sebelumnya teh hijau juga dikenal baik sebagai pemicu antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan oksidasi lemak, dan daya tahan tubuh selama berolahraga.

Baca Juga:  Teh Hijau Amat Baik Untuk Kesehatan Gigi

Bahan aktif dalam teh hijau, Epigallocatechin gallate (EGCG) juga dinilai dapat mengurangi nyeri otot pasca latihan berat.

(MM/AG)

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply