Obat Dan Minuman Yang Dilarang Untuk Diminum Bersamaan!

0

Rekan Mediamedis, beberapa jenis minuman yang biasa Anda konsumsi, misalnya jus buah atau kopi, ternyata dapat mengurangi efektivitas kerja dari obat-obatan tertentu.

Bahkan, interaksi antara beberapa jenis obat dan minuman itu dapat menimbulkan ancaman kesehatan serius.

Ahli toksikologi, Leslie Dye, dikutip dari prevention.com membeberkan tujuh macam minuman yang paling tidak dianjurkan jika Anda sedang mengkonsumi obat tertentu:

Jus Grapefruit

Grapefruit atau biasa dikenal dengan buah Jeruk Bali Merah berinteraksi secara negatif dengan lebih dari 50 obat, termasuk statin (obat penurun kolesterol). Efek dari jus jeruk jenis ini bertahan lebih dari 24 jam.

Jus Buah Delima

Enzim yang ditemukan dalam jus buah delima dapat melumpuhkan efek dari beberapa resep penyakit tekanan darah.

Susu, Susu Kedelai, Smoothies berbahan Susu

Kalsium yang terdapat dalam susu dapat mengganggu efektivitas dari obat tiroid. Untuk mengkonsumsi jenis minuman yang kaya kalsium, tunggu minimal 4 jam setelah Anda meminum obat tiroid.

Kafein (termasuk kopi, teh hijau, dan minuman energi)

Kafein dapat menimbulkan ancaman kesehatan yang serius jika diminum bersamaan dengan stimulan. Hindari secangkir kopi ketika Anda mengkonsumsi efedrin (penekan nafsu makan), obat asma dan amfetamin.

Minuman Olahraga

Kandungan Kalium dalam minuman olahraga dapat berbahaya bila digabungkan dengan beberapa obat gagal jantung atau hipertensi. Kalium ini juga banyak terkandung dalam buah pisang.

Anggur (dan minuman berenergi)

Hindari meminum anggur saat sedang mengkonsumsi anti depresan. Kombinasi keduanya dapat menyebabkan hipertensi, sakit kepala, detak jantung sangat cepat bahkan  stroke. Hal yang sama berlaku juga untuk minuman berenergi.

Baca Juga:  Label Peringatan Untuk Obat Epilepsi: Valproat

Teh Hijau (dengan vitamin K)

Vitamin K yang juga ditemukan dalam sayuran jenis brokoli dan kale, dapat mengurangi efek dari obat pengencer darah seperti coumarin atau warfarin.

(MM/AG)

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply