Terlalu Banyak Tidur Siang Beresiko Stroke Dan Serangan Jantung

2

Rekan Mediamedis, sudah umum diakui bahwa cukup tidur merupakan komponen penting dari gaya hidup sehat kita, seperti halnya diet dan olahraga.

Tapi, bersyukurlah jika Anda bukan orang yang punya cukup waktu untuk tidur siang. Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan, kebiasaan tidur siang dalam waktu yang terlalu lama justru akan kontradiktif dengan upaya mendapat tubuh yang sehat.

Dikutip dari WebMD, para peneliti menemukan kaitan erat tidur siang yang berlebihan di siang hari dengan peningkatan resiko sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah nama yang diberikan pada kombinasi beberapa faktor penyakit seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), kolestrol tinggi, kadar gula darah tinggi, dan penumpukan lemak di sekitar pinggang atau ‘abdominal obesitas’. Sindrom metabolik ini berkaitan dengan meningkatnya resiko serangan jantung dan stroke.

Para peneliti menganalisa temuan dari 21 studi yang mencakup lebih dari 307.000 orang sebagai bahan penelitian. Disebutkan bahwa orang yang tidur siang selama kurang dari 40 menit tidak mengalami peningkatan resiko sindrom metabolik. Bahkan, penurunan risiko sindrom metabolik dialami mereka yang tidur siang kurang dari 30 menit.

Sebaliknya, penelitian menyimpulkan ada kenaikan resiko yang tajam di antara mereka yang tidur siang lebih dari 40 menit. Misalnya, tidur siang lebih dari 90 menit dapat meningkatkan resiko sindrom metabolik sebanyak 50 persen.

Penelitian ini juga menemukan, tidur siang selama lebih dari satu jam atau menjadi terlalu lelah di siang hari sama-sama terkait dengan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 50 persen lebih tinggi.

Temuan ini akan dipresentasikan pada pertemuan American College of Cardiology (ACC) di Chicago pada 3 April mendatang.

Baca Juga:  Waspadai Lingkar Perut Anda

Salah seorang peneliti yang juga diabetologist di Universitas Tokyo, dr.Tomohide Yamada, mengatakan, penjelasan hubungan antara tidur siang dengan resiko penyakit metabolik sangat mungkin menawarkan strategi baru pengobatan. Apalagi, peningkatan jumlah penderita penyakit metabolik terjadi di seluruh dunia.

(MM/AG)

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

2 Comments

    • dr. Emilio Pandika on

      Betul Sekali Lisa Hartono (hartono.lisa@gmail.com), pada anak-anak tidur siang sangat berguna, disamping untuk memulihkan energi, tidur siang pun berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Tidur siang menjaga pikiran si anak tetap segar dan rileks, sehingga daya konsentrasi dan emosi pun menjadi stabil.

Leave A Reply