Tai Chi Sangat Baik Untuk Kesehatan Anda

0

Mediamedis.com – Penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau stroke disarankan untuk menjalani latihan Tai Chi secara rutin.

Hal itu disimpulkan dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association. Para peneliti yang mengulas 35 artikel penelitian, termasuk kasus para pasien penyakit kardiovaskular dari 10 negara, menemukan bahwa latihan Tai Chi membantu mengurangi tekanan darah sistolik lebih dari 9,12 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 5 mmHg.

Selain itu, Tai Chi dapat menurunkan secara signifikan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

Para peneliti juga menyimpulkan Tai Chi bisa meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi depresi pada pasien dengan penyakit kardiovaskular.

Dekan School of Kinesiology di Shanghai University of Sport, Yu Liu, yang bertanggung jawab dalam penelitian itu menyatakan Tai Chi dapat membantu meningkatkan kualitas hidup para pasien penyakit kardiovaskular.

“Hasil tinjauan sistematik menunjukkan bahwa latihan tradisional Cina (Tai Chi, Qigong and Baduanjin) berguna untuk pasien dengan penyakit kardiovaskular,” tulis para peneliti dalam makalah mereka, dikutip dari Xinhua.

Selanjutnya Liu dan timnya berencana untuk melakukan uji coba acak untuk mengkonfirmasi efek dari berbagai jenis latihan tradisional masyarakat China pada penyakit kronis.

Penelitian ini menambah daftar manfaat latihan yang menekankan pada gerakan yang lambat ini. Sebelumnya kebanyakan orang mengetahui Tai Chi akan membuat para praktisinya, terutama kaum lanjut usia, bisa lebih prima dalam menjaga keseimbangan dan koordinasi gerakan otot tubuh.

Baca Juga:  Artritis? Sudahkah Anda Mencoba Yoga?

Tai Chi juga dipercaya dapat mengurangi gejala rematik, meningkatkan fungsi fisik pada pasien osteoarthritis (jenis arthritis yang paling umum terjadi), meningkatkan pernapasan, dan mengurangi gangguan keseimbangan pada penderita parkinson.

(MM/AG)

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply