Sulit Tidur? Yuk, Coba Teknik 4-7-8

0

Mediamedis.com – Kesulitan tidur di malam hari adalah penyakit yang umum terjadi pada manusia modern.

Kurang tidur dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda dalam jangka pendek. Seiring waktu, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis dan secara dramatis dapat menurunkan kualitas hidup Anda.

Menurut studi yang dilakukan Harvard Medical School, tidur kurang dari lima jam setiap malam meningkatkan risiko kematian sekitar 15 persen.

Ada banyak sekali faktor penyebab seseorang mengalami kesulitan tidur malam. Salah satunya insomnia atau kondisi tidak bisa tidur sesuai waktu yang dibutuhkan tubuh, meski orang tersebut memiliki kesempatan untuk melakukannya.

Penderita insomnia biasanya tidak bisa tidur sama sekali atau kerap terbangun di tengah malam atau dini hari. Gejala umum penderita insomnia adalah sulit konsentrasi saat jam kerja atau siang hari, mudah lelah, dan mood yang mudah berubah.

Banyak orang yang beralih ke pil tidur, mencoba untuk mandi air hangat sebelum waktunya tidur atau meminum susu, bahkan mengonsumsi alkohol untuk mengatasi kesulitan tidur.

Kami sarankan Anda jangan terburu-buru untuk menelan pil atau tambah merusak kesehatan tubuh Anda.

Dikutip dari lifehealthandfood, pakar kesehatan ternama di Amerika Serikat, Dr. Andrew Weil, mengungkapkan sebuah teknik pernapasan yang disebut “4-7-8” yang dapat membantu Anda untuk tertidur dalam hitungan menit.

Berikut langkah-langkahnya:

Tempatkan ujung lidah Anda tepat di belakang gigi depan atas Anda, dan pertahankan posisi lidah di sana selama teknik ini dilakukan.

  1. Selanjutnya Anda akan mencoba menghembuskan napas melalui mulut di sekitar lidah Anda.
  2. Buang napas sepenuhnya dari mulut hingga membuat suara deru.
  3. Tutup mulut Anda dan tarik napas pelan melalui hidung dan mulailah berhitung.
  4. Hentikan menarik napas pada hitungan empat.
  5. Tahan napas selama tujuh hitungan.
  6. Buang napas sepenuhnya dari mulut hingga membuat suara deru sampai hitungan delapan.
  7. Sekarang tarik napas lagi dan ulangi.

Dalam videonya, Dr. Weil menganjurkan Anda untuk mencoba teknik ini setidaknya dua kali sehari, atau lebih sering jika Anda menginginkannya. Tetapi jangan lebih dari empat kali pernapasan dalam satu siklus (di bulan pertama).

Di bulan kedua, jika Anda merasa nyaman dengan teknik ini, Anda dapat meningkatkan intensitasnya menjadi maksimal delapan kali pernapasan dalam satu siklus.

Intinya sederhana, hirup napas perlahan melalui hidung dan hembuskan napas hingga terdengar melalui mulut Anda. Ingat, ujung lidah Anda tetap di belakang gigi depan atas sepanjang Anda melakukannya.

Baca Juga:  Semakin Kuat Kaitan Kurang Tidur Dengan Obesitas

Dr. Weil mengatakan, selain bisa mengatasi kesulitan tidur malam, teknik sederhana ini juga bisa meningkatkan kualitas jantung, tekanan darah dan pencernaan Anda jika dilakukan benar dan rutin. Untuk manfaat-manfaat ini, hasilnya akan terasa pada bulan kedua dan ketiga.

(MM/AG)

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply