Sebutir Telur Sehari Mengurangi Risiko Stroke

0

Mengonsumsi sebutir telur sehari dapat mengurangi risiko stroke hingga 12 persen.

 

Mediamedis.com – Demikian kesimpulan dari sebuah studi terbaru yang didanai oleh American Egg Board, seperti dikutip Xinhua. Temuan itu didasarkan pada tinjauan sistematis dan meta-analisis terhadap studi antara tahun 1982 dan 2015, yang mengevaluasi hubungan antara asupan telur dan penyakit jantung koroner dengan 276.000 subjek, dan hubungan antara asupan telur dan stroke dengan 308.000 subjek penelitian.

Dalam penelitian tidak ditemukan kaitan antara konsumsi satu telur per hari dengan penyakit jantung koroner. Namun, sebaliknya, ditemukan penurunan 12 persen terkait risiko stroke.

Peneliti utama EpidStat Institute, Dominik Alexander, mengatakan bahwa banyak pekerjaan yang diperlukan untuk memahami hubungan antara konsumsi telur dan risiko stroke.

‚ÄúTetapi telur memiliki banyak atribut gizi positif, termasuk antioksidan, yang telah terbukti mengurangi stres oksidatif dan peradangan,” katanya.

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik yang berhubungan dengan penurunan tekanan darah.

Menurut penelitian ini, satu telur mengandung enam gram protein berkualitas tinggi dan antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang ditemukan dalam kuning telur, serta vitamin E, D, dan A.

Disebutkan pula bahwa penelitian ini berdampak dukungan lebih jauh bagi Dietary Guidelines 2015 yang baru-baru ini dirilis di AS.

Penelitian yang diterbitkan lewat Journal of American College of Nutrition ini didanai oleh American Egg Board, sebuah lembaga penelitian dan promosi untuk industri telur di AS.

(MM/AG)

Baca Juga:  WHO: Olimpiade Cukup Aman Dari Zika
Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply