Ternyata Mencegah Osteoporosis Itu Tidak Sulit

0

Mediamedis.com – Seiring dengan pertambahan usia, resiko mengalami osteoporosis kian meningkat, banyak aktivitas menjadi terhambat, bahkan kualitas hidup menurun. Benarkah demikian ?

Osteoporosis sering disebutkan dalam berbagai iklan, terutama iklan produk susu. Bahwa dengan rutin meminum susu, kita memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan tubuh, kita menabung kalsium untuk tulang, sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.

Apa sih artinya osteoporosis? Osteoporosis adalah suatu kondisi pada tulang di mana kualitas jaringan tulang menurun, disebabkan oleh massa atau kepadatan tulang yang berkurang. Karena itu tulang menjadi rapuh sehingga mudah mengalami patah tulang saat mengalami benturan atau trauma.

Normalnya, osteoporosis tidak terjadi dalam waktu satu hari. Jaringan tulang yang normal yaitu tulang yang sehat dan hidup, terus-menerus mengalami remodeling, yaitu perombakan dan penyusunan kembali secara berkala, dengan struktur tulang yang normal adalah tulang yang compact atau padat.

Peran kalsium

Salah satu faktor penting yang diperlukan dalam proses remodeling tulang adalah kalsium. Kalsium merupakan salah satu mineral yang penting dan sangat diperlukan oleh tubuh.

Sembilan puluh sembilan persen kalsium berada di dalam tulang dan gigi. Hanya sekitar 1 % kalsium yang beredar di luar tulang, dengan berbagai fungsi yang tidak kalah penting penting untuk proses metabolisme tubuh, mulai dari cairan darah, jantung, otot, usus, pengeluaran hormon, hingga penghantar sinyal pada saraf dan sel. Luar biasa, bukan ?

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi kalsium. Karenanya kalsium diperoleh dari berbagai sumber makanan yang kita konsumsi. Jika asupan kalsium harian tidak mencukupi untuk berbagai tugas seperti yang disebutkan di atas, maka kalsium dari dalam tulang akan diambil untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Nah, ini dia terjadi pencurian kalsium dari dalam tulang tanpa kita sadari.

Kalsium hanya merupakan salah satu faktor. Kalsium tidak berperan tunggal dalam hal melindungi tulang dari terjadinya osteoporosis.

Faktor-faktor penyebab osteoporosis

Berbagai hal yang turut berperan dalam terjadinya osteoporosis :

  • Kurangnya aktivitas fisik dan olahraga
  • Penyakit serta obat-obatan tertentu
  • Kurangnya kadar estrogen
  • Merokok
  • Alkohol
  • Kafein
  • Minuman bersoda

Tips mencegah osteoporosis :

  • Milikilah pola makan dengan menu yang bervariasi sehingga kebutuhan nutrisi tubuh dapat tercukupi dengan seimbang
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalsium (susu, keju, ikan sarden, produk kedelai seperti tahu, sayuran berdaun hijau tua, sereal yang diperkaya dengan kalsium, buah-buahan seperti pisang dan jeruk)
  • Mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin D meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproses dan menyerap kalsium.┬áVitamin D didapatkan melalui paparan kulit dengan cahaya matahari. Makanan yang mengandung vitamin D antara lain ikan, telur, susu dan keju.

Baca Juga:  Awas! Kekurangan Vitamin D Berbahaya Bagi Jantung
  • Aktivitas fisik dan olahraga secara teratur membantu menjaga kesehatan tulang secara alami dan membuat tulang lebih kuat. Olahraga terbaik untuk mencegah terjadinya osteoporosis antara lain : berjalan, jogging, hiking, bermain tennis, menari atau berdansa serta olahraga angkat beban.┬áJika saat ini mengalami keluhan pada tubuh, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan konsultan kesehatan anda, olahraga seperti apakah yang cocok dan aman untuk dilakukan.
  • Hindari mengkonsumsi dalam jumlah banyak dan terlalu sering makanan yang mengandung kadar alkohol dan kafein, serta minuman bersoda. Cukup sesekali saja dan tidak berlebihan. Karena zat-zat ini menghambat atau mengurangi penyerapan kalsium dari asupan makanan di saluran pencernaan.
  • Berhentilah merokok. Kadar nicotin menghambat penyerapan kalsium dan mempengaruhi efek perlindungan estrogen terhadap tulang.
  • Jika saat ini sedang sakit dan mengkonsumsi obat, apakah obat ini berasal dari dokter atau obat yang dibeli secara bebas, apakah untuk jangka pendek, atau jangka panjang. Seberapa besar pengaruhnya bagi tubuh dalam hal proses osteoporosis ini. Mari belajar menjadi lebih cermat dan bijaksana.

Selamat beraktivitas dengan tubuh dan tulang yang sehat hingga berusia lanjut nanti. Melangkah tidak asal melangkah. Senantiasa melangkah pada jalan yang benar tentunya. Be happy and healthy.

(MM/SS)

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply