Infused Water, Apa Sih Manfaatnya?

0

Mediamedis.com – Infused water adalah air yang telah diberikan tambahan berbagai macam buah atau sayuran sehingga memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Secara teknis, infused water dibuat dengan memasukan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan untuk beberapa jam hingga sari dari buah-buahan tersebut keluar dan air akan berubah rasanya.

Ini bukan seperti es buah seperti yang anda bayangkan, minuman ini bisa menjadi pelengkap minuman air putih di hari-hari anda. Yang membuat minuman ini menjadi trend dan unik adalah, infused water tidak memiliki resep yang paten, sehingga anda bisa bebas memasukan aneka buah dan sayuran yang anda suka sehingga membuat anda rajin untuk mengkonsumsi ini setiap harinya .

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari infused water :

Membantu Proses Detoksifikasi

detoks

Detoksifikasi merupakan proses pengeluaran zat-zat yang merupakan racun di dalam tubuh kita, hal ini dapat dicapai dengan pengaturan pola makan khusus. Manfaat utama dari infused water adalah meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan detoksifikasi dan pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Sebagai Antioksidan

antioksidan

Kandungan buah atau sayuran  yang digunakan sebagai bahan dari infused water ini memiliki manfaat yang unik yaitu sebagai antioksidan. Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai penangkal radikal bebas, seperti dari polusi dan sinar UV, juga untuk membantu kerja sel darah putih dalam menghancurkan kuman yang masuk kedalam tubuh kita. Antioksidan yang banyak terdapat dalam buah dan sayuran ini juga dapat bermanfaat sebagai pencegahan penuaan dini (antiaging).

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

daya tahan

Berbagai buah dan sayuran yang dijadikan sebagai bahan dari infused water memiliki kandungan berbagai vitamin dan mineral, salah satu zat yang penting adalah Vitamin C. Vitamin C sangat berguna untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh anda. Vitamin C dapat mencegah berbagai gangguan atau bahkan penyakit yang ringan seperti influensa, sariawan maupun gusi berdarah.

Baca Juga:  Khasiat Lemon Bagi Tubuh Kita

Menggantikan  ION Yang Hilang

ion

Infused water juga dapat bermanfaat sebagai pengganti ION tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan seharian. Kita dapat menggantikan ION tubuh yang hilang dengan mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan elektrolit khusus, namun dengan meminum infused water setiap harinya dipercaya lebih efektif dalam menggantikan fungsi ION pada tubuh kita.

(MM/RL)

 

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply