#WECAN.ICAN : Tema Hari Kanker Sedunia

0

Mediamedis.com  – ” We Can. I Can “

Inilah slogan yang diserukan masyarakat  dalam memperingati World Cancer Day (Hari Kanker Sedunia) yang jatuh pada tanggal 4 Februari. Tanggal 4 Februari ditetapkan sebagai Hari Kanker Sedunia berdasarkan Paris Charter pada World Summit Against Cancer for the New Millenium di Paris pada tahun 2000.

Organisasi ini bertujuan untuk mendorong riset untuk penyembuhan serta pencegahan kanker, meningkatkan layanan pada penderita kanker, meningkatkan kepedulian dan memobilisasi masyarakat dunia melawan kanker. Gol utama dari World Cancer Day adalah untuk menurunkan jumlah penderita dan angka kematian karena kanker pada tahun 2020.

Kanker sudah menjadi masalah global, dengan jumlah kematian karena kanker yang terus meningkat. Kanker telah menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, pada tahun 2012 terdapat 14 juta kasus baru dan 8,2 juta kematian karena kanker. Angka kematian karena kanker telah melampaui jumlah kematian total dari AIDS, malaria dan TBC.

Menurut WHO jumlah kanker baru akan meningkat menjadi 22 juta dan angka kematian karena kanker akan meningkat menjadi 12 juta dalam kurun waktu 2 dekade ke depan.

Lebih dari 60% dari kasus kanker baru didapati di Afrika, Asia dan Amerika Selatan dan Amerika Tengah, serta 70% dari kematian karena kanker berasal dari daerah tersebut.

Baca Juga:  Menurut WHO: Mengkonsumsi Daging Olahan Dapat Menyebabkan Kanker

Tema Hari Kanker Sedunia 2016 “We Can. I Can”  merupakan ajakan untuk bersama-sama terlibat untuk mencegah kanker dengan cara deteksi dini, vaksinasi dan menerapkan gaya hidup sehat. Lebih dari sepertiga jumlah kanker dapat dicegah dengan jalan:

  • Menghindari rokok
  • Mencegah obesitas
  • Meningkatkan aktifitas fisik
  • Mencegah penyakit menular seksual.

Dengan slogan “We Can. I can” marilah kita bergandeng tangan dalam memerangi kanker.

 

(MM/EP)

UICC.org, who.gov, Cancer.gov, worldcancerday.org
Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply