Dokter Bedah Ini Melatih Keterampilannya Dengan Cara Mengagumkan

0

Ada banyak cara bagi seorang dokter bedah untuk meningkatkan keterampilannya di ruang operasi.

Tetapi, cara yang dilakukan ahli bedah di China ini sungguh unik dan bisa membuat banyak orang kagum.

Zhou Jianbo, dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Provinsi Hunan, China, menemukan metode unik yang mudah untuk melatih kemampuan bedahnya di mana saja. Ia berlatih dengan bantuan dua objek yang tidak biasa: anggur dan kapas penyeka atau kapas telinga.

Zhou menggunakan penyeka kapas dengan panjang sepuluh sentimeter sebagai “sumpit” hampir setiap kali ia makan.

Sebuah foto di mana Zhou memegang dua batang kapas penyeka di masing-masing tangan untuk mengambil beras dan potongan-potongan daging ham dari kotak makan siangnya menjadi viral di media sosial China.

 

Zhou mengaku telah menjalani kebiasaan aneh itu selama dua tahun terakhir untuk melatih fleksibilitas jari-jarinya ketika menggunakan pisau bedah.

Ia mengaku canggung pada awalnya. Tetapi kini, menggunakan kedua tangannya, dia bisa menyantap makan siang menggunakan kapas penyeka secepat ia makan dengan sumpit.

 

Selain kapas penyeka, Zhou juga menggunakan buah anggur untuk membantu melatih gerakan jari yang lembut. Ia terbiasa memotong dan membuka kulit buah anggur dan menggunakan jarum bedah dan benang untuk menjahitnya kembali tanpa menyebabkan kerusakan parah pada kulit anggur yang ia andaikan sebagai kulit manusia.

“Metode ini melatih koordinasi antara tangan, mata, dan otak. Menjaga anggur utuh mengharuskan Anda untuk secara tepat mengontrol kekuatan jari-jari Anda,” jelas Zhou, dikutip dari xinhua.

Zhou sendiri terlibat dalam 5-6 tindakan bedah pada hari-hari yang sibuk. Tetapi ia selalu menemukan waktu luang untuk berlatih setiap minggu.

Apa yang dipraktikkan Zhou akan bisa dimaklumi jika kita memahami kenyataan betapa kompetitifnya dunia profesional medis di China. Mereka harus bertahan dari tekanan beban kerja yang berat sembari terus meningkatkan keterampilan mereka.

Baca Juga:  555 Hari Tanpa Jantung Dalam Rongga Dada

Seperti Zhou, banyak dokter di rumah sakit besar di sana mengeksplorasi berbagai metode untuk meningkatkan keterampilan mereka.

“Semua upaya ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan medis untuk pengobatan yang lebih baik dan lebih aman,” kata Liang Hui, rekan Zhou.

(MM/AG)

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply