Cuaca Simpang Siur, Perhatikan Hal-hal Ini Agar Tetap Fit

0

Mediamedis.com – Fenomena keganjilan cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia kian sering kita rasakan. Cuaca dan musim semakin tidak menentu dan sulit diprediksi.

Sudah pasti, cuaca yang tidak menentu memiliki dampak pada kesehatan manusia dan penyebab penyakit, selain terkait faktor lain termasuk potensi bencana alam.

Dalam situasi iklim tak jelas, gangguan terhadap daya tahan tubuh tentu sangat tinggi. Tak heran jika Anda akan sering menemui kolega di tempat kerja atau anggota keluarga yang sakit akibat infeksi kuman.

Tubuh yang lemah pasti rentan tertular berbagai jenis penyakit. Karena itu, memberi perhatian pada beberapa hal berikut ini harus Anda mulai untuk menghindari diri dari penyakit.

Pertama, soal pola makan dan apa saja yang Anda makan.
Jika Anda tidak memiliki pola makan yang baik atau tidak melakukan diet seimbang, maka kemungkinan besar tubuh Anda tidak dapat berfungsi baik. Pola makan yang buruk pasti meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Pastikan Anda mendapatkan nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kelompok usia yang berbeda memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Tapi ada aturan umum yang berlaku untuk orang-orang dari segala usia, yaitu: biasakan makan berbagai buah-buahan dan sayuran setiap hari, pilih makanan berprotein, membatasi asupan lemak, sodium, dan gula, serta perbanyak mengonsumsi makanan dari kelompok biji-bijian.

Kedua, sebisa mungkin hindari dehidrasi.
Setiap jaringan dan organ dalam tubuh kita tergantung pada air. Air membantu membawa nutrisi dan mineral untuk sel, dan membuat mulut, hidung, dan tenggorokan tetap lembab adalah penting untuk menghindari penyakit. Ingatlah bahwa tubuh kita terdiri dari 60 persen air.

Dan, dehidrasi pasti terjadi ketika Anda tidak cukup mengganti cairan yang hilang lewat aktivitas buang air kecil/air besar, berkeringat, dan bernapas. Dehidrasi akut dan kronis bisa berbahaya, bahkan mengancam nyawa. Gejala dehidrasi akut adalah haus yang ekstrim, mata cekung, sakit kepala, tekanan darah rendah, detak jantung cepat, dan mengalami kebingungan atau kelesuan.

Pastikan Anda mengonsumsi cukup air sepanjang hari, terutama dalam kondisi panas atau lembab. Konsumsilah makanan dengan kandungan air yang tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran, agar menjaga Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Selama Anda buang air kecil secara teratur dan tidak merasa haus, Anda mungkin cukup terhidrasi. Anda juga bisa mengukur kadar hidrasi dari warna urine.

Ketiga, pastikan Anda tidak mengalami kurang tidur.
Orang-orang yang tidak cukup tidur setiap malam lebih mungkin untuk sering sakit. Sistem kekebalan tubuh Anda melepaskan sitokin saat Anda tidur. Sitokin adalah protein yang melawan peradangan dan penyakit. Tubuh Anda membutuhkan lebih banyak protein ini ketika Anda sedang sakit atau stres. Namun, tubuh Anda tidak akan dapat menghasilkan cukup protein pelindung ini jika Anda kurang tidur. Hal ini akan menurunkan kemampuan alami tubuh Anda untuk melawan infeksi dan virus.

Baca Juga:  Wabah Vaksin Palsu Bukan Persoalan Enteng!

Kurang tidur juga meningkatkan risiko kegemukan, penyakit jantung, masalah kardiovaskular, dan diabetes. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tidur antara 7-8 jam setiap hari. Sedangkan remaja dan anak-anak membutuhkan 10 jam tidur setiap hari.

Keempat, lebih peduli pada kebersihan tangan.
Tangan Anda telah mengalami kontak dengan banyak kuman sepanjang hari aktivitas Anda. Bila Anda tidak mencuci tangan secara teratur, lalu Anda menyentuh wajah, bibir, atau makanan, maka penyakit mulai menyebar.

Biasakan diri mencuci tangan dengan air dan sabun antibakteri selama kira-kira 20 detik. Hal ini akan membantu Anda tetap sehat dan terhindar dari bakteri penyebab penyakit. Gunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol ketika air bersih dan sabun tidak tersedia.

Kelima, beri perhatian lebih pada kesehatan mulut.
Kesehatan gigi adalah jendela bagi kesehatan anggota tubuh yang lain. Mulut Anda adalah tempat yang aman bagi semua bakteri, baik yang bermanfaat maupun yang buruk. Saat Anda tidak sakit, pertahanan alami tubuh akan membantu menjaga kesehatan mulut Anda. Tetapi ketika bakteri berbahaya tumbuh di luar kendali, akan dapat membuat Anda muda sakit, menyebabkan peradangan dan masalah pada anggota tubuh lainnya.

Sikat dan bersihkan gigi dengan benang gigi setidaknya dua kali sehari (terutama setelah makan). Jangan anggap remeh jadwal pemeriksaan teratur dengan dokter gigi.

Keenam, hindari terlalu banyak stres.
Stres adalah bagian yang wajar dari keseharian kita. Namun, stres kronis akan berakibat sangat buruk bagi kesehatan. Stres kronis dapat menurunkan respons kekebalan alami tubuh. Hal ini dapat menunda penyembuhan, meningkatkan frekuensi dan keparahan infeksi, dan memperburuk masalah kesehatan yang ada.

Beberapa saran untuk menghindari stres, terutama untuk kaum urban, antara lain: sempatkan istirahat rutin dari aktivitas di depan komputer, smartphone atau tablet. Jauhkan ponsel Anda selama beberapa jam setelah Anda tiba di rumah. Dengarkan musik yang menenangkan setelah mengikuti rapat kerja yang memicu stres. Dan tentu saja, rutin berolahraga untuk membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda.

Terakhir, perhatikan kebersihan anak.
Anak-anak kita biasanya memilki aktivitas yang menempatkan mereka pada risiko tinggi sebagai pembawa kuman. Bermain dengan teman-teman sebaya, memainkan peralatan rumah yang kotor, dan kebiasaan memungut benda dari tanah, itu hanya beberapa contoh di mana kuman dapat mendiami anak-anak.

Ajarkan anak-anak tentang kebersihan, seperti kebiasaan mencuci tangan dan mandi rutin setiap hari. Hal ini akan membantu menghentikan penyebaran virus dan kuman di sekitar rumah Anda.

(MM/AG)

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply