Apakah Diet Mayo Clinic Itu?

2

Mediamedis.com – Bagaimana sih cara menurunkan berat badan dengan cepat? Apa ya metode diet terbaik? Benarkah dengan diet Mayo Clinic berat badan bisa turun dalam 2 minggu? Apa itu diet Mayo Clinic? Banyak sekali pertanyaan seputar diet dan cara menurunkan berat badan, banyak pula metode diet dan cara menurunkan berat badan yang tersedia.

Diet Mayo?

Mari kita lihat salah satunya yang cukup populer, yaitu Mayo Clinic Diet. Diet ini dibuat dan dikembangkan oleh Mayo Clinic Minnesota, dan dirangkum dalam buku yang berjudul “The Mayo Clinic Diet : Eat Well Enjoy Life Lose Weight”  (ISBN: 9781561486762).

Yang menarik dari Mayo Clinic diet ini adalah diet ini tidak hanya berfokus pada makanan yang kita makan atau penurunan berat badan yang cepat, melainkan perubahan pola hidup dan kesehatan kita secara menyeluruh sehingga kita dapat menjaga berat badan yang sehat untuk jangka waktu yang lama.

Sedangkan opini yang kurang tepat dan berkembang di masyarakat kita sekarang ini tentang Diet Mayo adalah diet yang dihubungkan dengan asupan garam yang sangat rendah atau bahkan tanpa garam sama sekali selama 2 minggu. Berikut ini akan kita kupas lebih rinci tentang apa itu diet Mayo Clinic dan kiat-kiat praktisnya.

Terdapat 2 fase dalam Diet Mayo

Diet Mayo ini terbagi dalam dua fase yaitu: “Lose It!”. Di mana fokus dari fase ini adalah untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik dan digantikan dengan kebiasaan yang baik. Lima kebiasaan yang perlu ditinggalkan adalah:

  1. Makan sambil menonton TV (dengan tanpa sadar kita akan makan lebih banyak)
  2. Konsumsi gula (kecuali gula alami seperti pada buah)
  3. Kebiasaan makan kudapan (boleh jika snack berupa sayur dan buah)
  4. Konsumsi daging dan susu yang berlebih
  5. Makanan restoran (tidak dilarang jika menu yang dipesan sesuai diet ini)

Dan di gantikan dengan kebiasaan-kebiasan baik ini:

  1. Sarapan sehat (terdiri dari sayur, buah, protein dan sedikit kerbohidrat)
  2. Perbanyak sajian sayuran dan buah-buahan (4 porsi sayur dan 3 porsi buah)
  3. Perbanyak whole grain (biji-bijian utuh, seperti beras merah, havermut, jagung barley dan sebagainya)
  4. Gunakan lemak sehat (lemak tidak jenuh atau lemak nabati)
  5. Berolah raga, minimal 30 menit per hari

Fase pertama ini dijalankan selama dua minggu, dan pada fase ini sudah mulai terbentuk kebiasaan kebiasaan sehat, yang akan diteruskan ke fase berikutnya; seiring dengan perubahan pola hidup menjadi lebih baik akan dicapai juga penurunan berat badan yang cukup bermakna (2.7 kg hingga 4.5 kg).

Fase kedua adalah: “Live it!”. Pada fase ini kita akan mulai memperhatikan porsi makanan kita dan jenis makanan yang dimakan. Dan kebiasaan-kebiasan baik yang sudah terbentuk tetap dilanjutkan di sini.

Piramida makanan Mayo Clinic Diet

Piramida Makanan Mayo Clinic Diet – Image Copyright mayoclinic.org

Untuk mempermudah pengertiannya Mayo Clinic telah mempersiapkan piramida makanan sebagai acuan sehari-hari.

Jika kita lihat piramida tersebut kita perhatikan dari atas ke bawah: bagian atas yang kecil berarti hanya dianjurkan jumlah sedikit saja makin ke bawah makin besar berarti diijinkan dalam jumlah banyak.

Pada puncaknya makanan manis seperti permen, manisan, cokelat, hanya diijinkan sedikit sekali.

Berikutnya adalah lemak, pilihlah lemak tak jenuh yang dapat diperoleh dari: minyak seperti zaitun, canola, biji bunga matahari, buah alpukat, ikan salmon, ikan makarel dan ikan sardin.

Untuk sumber protein dapat berasal dari protein nabati seperti kacang kedelai atau olahannya seperti tahu dan tempe atau dari daging-dagingan tanpa lemak.

Untuk buah-buahan dan sayuran dapat dikonsumsi dalam jumlah yang relatif banyak. Kudapan pun dapat digantikan dengan sayuran dan buah-buahan. Pada fase kedua ini berat badan dapat turun hingga 0.5 kg – 1 kg setiap minggunya hingga tercapai berat badan ideal.

Baca Juga:  Jauhkan Diabetes Dengan Menyantap Hidangan Rumah

Penutup

Seperti disebutkan pada awal artikel ini Mayo Clinic diet akan membantu kita untuk menemukan pola makan dan gaya hidup yang sehat sehingga kita dapat memiliki berat badan yang ideal untuk jangka waktu yang lama. Dengan demikian resiko penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung atau ginjal dapat dijauhkan.

Mayoclinic.org, health.usnews.com, WebMD.com
Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

2 Comments

  1. Pingback: Apa Itu Mayo Clinic Diet – cara mengecilkan lengan

Leave A Reply