Kenali Setiap Bagian Dari Rambut Kita Yuk !

0

Mediamedis.com – Rambut sering kali disebut sebagai mahkota, terutama bagi kaum wanita. Rambut adalah sesuatu yang keluar dari dalam kulit termasuk kulit kepala kita. Tidak hanya tumbuh di bagian kepala kita, rambut juga tumbuh di beberapa bagian lain dari tubuh kita.

Selain berguna untuk mempercantik penampilan kita, rambut juga memiliki fungsi untuk melindungi kulit kepala dari panas terik matahari dan cuaca dingin. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk membabat habis rambut-rambut kita karena fungsi rambut tidaklah hanya untuk kecantikan belaka.

Setiap helai rambut memiliki tiga lapisan, yaitu medula di bagian lembut di tengah, korteks yang melingkari medula dan merupakan bagian utama rambut, serta kutikula yaitu bagian luar yang keras dan bertugas melindungi batang rambut.

Bagian-bagian dari rambut kita

Akar rambut adalah bagian yang terdapat di lapisan dermis (kulit jangat), terdiri atas hair bulb (folikel bulbus), papila, pembuluh darah, kelenjar minyak, kelenjar keringat dan pigmen rambut.

Hair bulb atau bulbus rambut adalah bagian akar yang menggelembung dan mengandung sel-sel aktif  yang membentuk rambut.

Hair papilla atau papila rambut adalah bagian yang berada di folikel paling bawah dan bertugas menerima nutrisi. Di sinilah tempat di mana rambut sesungguhnya bertumbuh.

Hair follicle atau folikel rambut adalah kantung kecil tempat akar satu helai rambut berada.

Folikel merupakan saluran yang menyerupai kantong rambut dan berperan melindungi tunas rambut, ketika sel-sel bertambah dan memproduksi keratin untuk mengeraskan strukturnya, sel-sel itu didorong ke luar folikel dan kemudian muncul di permukaan kulit sebagai batang rambut.

Sebaceous gland atau kelenjar minyak adalah kelenjar mikroskopis yang berfungsi mengeluarkan sebum (minyak) dan berfungsi sebagai perlindungan terhadap kuman.

Baca Juga:  Menyoal Larangan Donor Darah Bagi Gay Dan Biseksual

Errector pili muscle atau otot erektor pili adalah otot kecil yang menempel di folikel rambut .

Hair Shaft atau batang rambut adalah bagian rambut yang keluar dari dan berada diatas permukaan kulit  .

Proses pertumbuhan rambut

Proses pertumbuhan rambut dimulai dengan pembentukan sel-sel baru di bagian akar rambut. Sel-sel tersebut kemudian membentuk batang yang kemudian tumbuh ke luar kulit.

Saat tumbuh ke luar, sel-sel itu berhenti menyerap nutrisi dan mulai menghasilkan keratin (sejenis protein). Proses ini dinamai keratinisasi. Saat keratinisasi, sel-sel rambut pun mati. Bersama keratin, sel-sel mati itu kemudian membentuk batang rambut.

Rambut pada manusia pada umumnya akan tumbuh lebih cepat di cuaca panas dan akan tumbuh lebih lambat pada malam hari.

Menurut penelitian, tiap helai rambut akan tumbuh sepanjang kurang lebih 6mm dalam 1 bulan dan selanjutnya rambut akan rontok dengan sendirinya dan akan digantikan dengan yang baru.

Panjang rambut seseorang tergantung pada fase pertumbuhan folikelnya. Folikel biasanya aktif sekitar 2 hingga 6 tahun, lalu kemudian beristirahat selama 3 bulan. Bila folikel tidak lagi aktif dan tidak memproduksi rambut baru, maka kebotakanlah yang akan terjadi.

(MM/RL)

Share.

About Author

Emilio Pandika is an internal medicine physician with a passion and mission to help people get healthy (and happy) with simple positive daily lifestyle changes.

Leave A Reply